Pembahasan Lengkap Teknik Budidaya Kelapa Sawit

Wednesday, February 3, 2010

AREAL TM

Kegiatan diareal Tanaman Menghasilkan
1. Cabut Anak Kayu
Merupakan Kegiatan mencabut anak kayu desekitar tanaman kelapa Sawit adalah untuk menjaga kebersihan lahan agar tetap terjaga dan mencegah agar tidak terjadi kompetisi penyerapan hara antara anak kayu dan tanaman kelapa Sawit. Anak kayu merupakan gulma yang bisa menggangu pertumbuhan tanaman dalam penyerapan unsur hara. Pencabutan anak kayu dilakukan dengan menggunakan bangkul atau linggis.
2. Garuk Piringan
Adalah kegiatan membuang gulma atau sisa brondolan yang tertinggal dipiringan, dengan menggunakan penggaruk panjang berbentuk garpu, kegiatan ini dilakukan karena piringan merupakan tempat penyebaran pupuk serta tempat pemungutan brondolan dan pengangkutan buah ke TPH.
3. Pemupukan
Pemupukan pada tanaman kelapa Sawit membutuhkan biaya yang sangat besar yaitu sekitar 40-60% dari tital pemeliharaan. Oleh karena itu, agar tercapai hasil pemupukan yang maksimal maka pupuk yang digunakan harus sesuai dengan rekomendasi yang telah ditetapkan.
jenis pupuk yang digunakan adalah pupuk majemuk NPKM denga rotasi pemupukan dibagi menjadi 3 periode dalam 1 tahun.Agar pupuk yang digunakan terserap secara maksimal maka aplikasinya harus sesuai dengan kriteria 4 T, yaitu :
a. Tepat Jenis
Pupuk yang diberikan sesuai unsur hara yang diperlukan oleh tanaman.
b. Tepat Dosis
Jumlah Pupuk yang diberikan sesuai dengan kebutuhan tanaman.
c. Tepat Waktu dan Frekwensi
Pelaksanaan Pemupukan harus sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
d. Tepat Cara
Penempatan pupuk harus sesuai dengan ketentuan sehingga penyerapan unsur hara akan maksimal.

Ada dua cara pengaplikasian pupuk yang dipakai yaitu sistem pocket (benam) dan sistem tebar. Sistem benam dengan membuat tiga lubang pada piringan dengan jarak 21 cm dari pangkal batang tanaman kelapa Sawit, dosis pupuk sebanyak 3 kg/pohon kemudian dibagi dan dimasukkan kedalam lubang yang telah dibuat dan setelah itu lubang ditutup kembali. Sistem tebar cukup hanya dengan menebarkan pupuk didalam piringan pokok.

No comments:

Post a Comment